Optimalisasi Pembelajaran Tata Surya Melalui Teknologi Hologram oleh PKM-PM UMI di SD Negeri Pampang
Reporter: M. Yahya Patta

Spektroom - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat PKM-PM Universitas Muslim Indonesia UMI Makassar kembali melaksanakan rangkaian kegiatan pengabdian di SD Negeri Pampang Makassar, pada Sabtu 13 September 2025. Kegiatan kali ini fokus pada implementasi media hologram dalam pembelajaran tata surya, evaluasi melalui post-test, serta games interaktif sebagai upaya mengoptimalkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial IPAS.
Program bertajuk “Transformasi Pembelajaran Menjelajah Tata Surya dengan Teknologi Hologram sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan IPAS di SD Negeri Pampang” ini diketuai oleh Nahwa Kaka Saputra Anggareksa, dengan anggota tim Muh. Rifky Saputra S., Ni’matun Nayiroh, Nur Wahidah M. Rum, dan Syabil Gema Syuhada, serta dibimbing langsung oleh Ibu Lilis Nur Hayati, S.Kom., M.Eng., MTA.

Melanjutkan kegiatan sebelumnya berupa sosialisasi 11 Agustus2025, penyuluhan 19 Agustus 2025 dan pelatihan guru 26 Agustus 2025 pada tahap implementasi ini siswa kelas VI A dan VI B diberi kesempatan untuk belajar secara langsung menggunakan media hologram. Melalui visualisasi tiga dimensi, siswa dapat mengamati susunan planet, pergerakan rotasi dan revolusi, hingga fenomena gerhana secara lebih jelas, interaktif, dan menyenangkan.
Setelah proses pembelajaran, tim melaksanakan post-test guna mengukur peningkatan pemahaman siswa dibandingkan hasil pre-test yang dilakukan pada tahap awal. Selain itu, kegiatan juga diselingi dengan games interaktif bertema tata surya, seperti kuis cepat dan cerdas cermat sederhana, yang dirancang untuk memperkuat pemahaman sekaligus meningkatkan antusiasme siswa selama proses belajar.
Ketua tim PKM-PM, Nahwa Kaka Saputra Anggareksa, menyampaikan bahwa tahap ini merupakan bagian penting dalam memastikan keberhasilan program.
“Melalui implementasi, evaluasi, dan pengayaan dengan games, kami ingin menghadirkan pembelajaran yang bukan hanya efektif, tetapi juga menyenangkan. Hasil post-test nantinya akan menjadi tolok ukur keberhasilan media hologram dalam meningkatkan pemahaman siswa,” jelasnya.
Pihak sekolah menyambut baik keberhasilan program ini. Ibu Heriaty Hasny, S.Pd., wali kelas VI B, menyampaikan bahwa siswa terlihat lebih aktif dan mudah memahami materi. “Media hologram membuat pembelajaran lebih jelas dan menarik. Kami berharap inovasi ini bisa terus dikembangkan dan digunakan dengan baik,” ungkapnya.
Dosen pembimbing, Ibu Lilis Nur Hayati, S.Kom., M.Eng., MTA, menambahkan bahwa kegiatan implementasi ini menjadi salah satu langkah strategis untuk memastikan program berjalan berkelanjutan. “Kami berharap inovasi ini bisa terus digunakan guru mitra secara mandiri, sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan sekarang tetapi juga di masa mendatang,” ungkapnya.
Dengan terlaksananya kegiatan implementasi, evaluasi post-test, dan games interaktif ini, tim PKM-PM UMI optimis teknologi hologram dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPAS di sekolah dasar, khususnya di SD Negeri Pampang, Makassar.