Pelindo Regional 2 Pontianak Gelar Susrvei Kepuasan Pelanggan 2025

Spektroom – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 2 Pontianak melaksanakan Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2025 sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan jasa kepelabuhanan.
Survei ini dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna jasa sekaligus menjadi bahan evaluasi dalam merumuskan strategi pelayanan yang lebih baik di masa mendatang.
Ruang lingkup objek survey kepuasaan pelanggan dilingkungan PT.Pelindo (Persero) meliputi wilayah kerja atau Regional yang terdiri dari Regional 1, Regional 2, Regional 3 dan Regional 4 serta Subholding atau Anak Perusahaan yang merupakan cluster bisnis dari Perusahaan induk.
Manager Komersial Pelindo Regional 2 Pontianak Irwan mengatakan hal itu di Kantor setempat Rabu (18/09/2025)
Survei ini menjadi instrumen penting dalam mendengarkan langsung suara pelanggan.
“Kami ingin mengetahui sejauh mana layanan Pelindo dirasakan oleh para pengguna jasa.
Hasil survei ini akan menjadi masukan berharga bagi kami dalam memperbaiki aspek pelayanan yang masih perlu ditingkatkan” ungkapnya.
Fokus layanan yang di Survei meliputi Pelayanan Kapal di Dermaga Umum dan Tuks, Pelayanan Barang, Pelayanan Terminal Penumpang, Jasa Logistik dan di tahun 2025 ini ditambah lagi survey layanan di bidang Car Terminal dan Layanan Air dan Listrik.
“Dalam tahap pelaksanaan, PT.Pelindo Regional 2 pontianak melakukan pertemuan serta mereview kusioner yang dilakukan secara online.
Data yang terkumpul lalu di uji coba apakah valid atau tidak tentunya berkoordinasi dengan Holding, Sub Holding dan Regional.
Pengumpulan data dilakukan dua tahap yakni via email dan on the spot, laporan sementara hasil survei diserahkan kembali kepada Holding, Sub Holding dan Regional.
Komunikasi pasca survei oleh cabang dan entitas usaha Pelindo kepada pelanggan terpilih akan dilakukan untuk memberikan gambaran hasil survey, dan saat pengolahan data sudah final maka akan dipresentasikan hasil survei tersebut.” jelas Irwan.
Sementara itu, Kalbar Yanto, General Manager Pelindo Regional 2 Pontianak, menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan layanan kepelabuhanan yang semakin berkualitas, efektif, dan efisien.
“Kami menjadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama.
Melalui survei ini, kami bisa mengetahui kebutuhan pelanggan secara lebih detail, sehingga dapat merumuskan strategi layanan yang sesuai dengan harapan pengguna jasa, sekaligus mendukung kelancaran arus logistik di wilayah Kalimantan Barat,” kata Kalbar Yanto.
Pelaksanaan Survei Kepuasan Pelanggan 2025 ini diharapkan mampu memperkuat posisi Pelindo sebagai penyedia layanan kepelabuhanan yang profesional, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan pasar.