Pembelajaran Menjelajah Tata Surya dengan Teknologi Hologram, Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan IPAS di Sekolah Dasar
Reporter: M. Yahya Patta

Spektroom - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia UMI Makassar yang tergabung di dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) melaksanakan kegiatan dengan nama “Transformasi Pembelajaran Menjelajah Tata Surya dengan Teknologi Hologram sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan IPAS di SD Negeri Pampang”. Kegiatan yang didanai oleh Belmawa, KemendikbudRistek ini diketuai Nahwa Kaka Saputra Anggareksa beranggotakan Muh. Rifky Saputra. S, Ni’matun Nayiroh, Nur Wahidah M. Rum, dan Syabil Gema Syuhada. Dibimbing Lilis Nur Hayati, S.Kom., M.Eng., MTA.
Rangkaian inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri Pampang Makassar, dengan kegiatan puncak berupa sesi pelatihan intensif mengenai teknologi hologram dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus. Kegiatan pelatihan secara khusus dihadiri dua wali kelas VI, yakni Muhammad Sayyidin selaku Wali Kelas VI-A dan Heriaty Hasny selaku Wali Kelas VI-B, yang nantinya akan menjadi ujung tombak dalam penerapan teknologi tersebut di kelas masing-masing.
Lilis Nur Hayati, S.Kom., M.Eng., MTA selaku pendamping mengatakan, Pelatihan ini merupakan kegiatan ketiga yang digelar oleh Tim PKM-PM di lokasi mitra. Setelah sukses melaksanakan kegiatan sosialisasi program pada tanggal 11 Agustus memperkenalkan gagasan dan tujuan kegiatan kepada pihak sekolah. Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan pada tanggal 19 Agustus yang memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai pentingnya media pembelajaran interaktif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Pada pertemuan 26 Agustus 2025, Tim mengadakan sesi pelatihan kepada masing-masing guru wali kelas Enam untuk dibekali keterampilan teknis mengoperasikan perangkat hologram, mulai dari pengenalan konsep dasar hingga simulasi integrasi teknologi ke dalam metode pengajaran di kelas yang bertujuan, agar para guru dapat secara mandiri memanfaatkan media canggih ini untuk menyampaikan materi pelajaran secara lebih efektif dan menarik.
Ketua tim PKM-PM, Nahwa Kaka Saputra Anggareksa menyatakan bahwa program ini dirancang secara bertahap untuk memastikan adopsi teknologi berjalan lancar. "Kami berharap teknologi hologram ini tidak hanya mempermudah siswa memahami konsep tata surya yang rumit, tetapi juga dapat memantik minat dan motivasi belajar mereka terhadap sains sehingga bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik di SD Pampang, Makassar," ujarnya.
Adanya program pembelajaran Hologram ini tentunya disambut hangat oleh pihak sekolah. Wali Kelas VI-B SD Negeri Pampang, Heriaty Hasny, S.Pd. bahkan mengapresiasi pendekatan komprehensif yang dilakukan. "Inovasi yang dibawa oleh adik-adik mahasiswa UMI sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Kami sangat mengapresiasi dan berharap program ini menjadikan sekolah kami sebagai percontohan dalam penerapan teknologi pembelajaran IPAS yang lebih baik dalam hal sarana dan prasarana," ungkapnya.
Dosen pembimbing, Lilis nNur Hayati, S.Kom., M.Eng., MTA mengharapkan kegiatan akan berlanjut hingga tahap evaluasi dan pendampingan untuk memastikan teknologi ini benar-benar memberi dampak positif terhadap peningkatan pemahaman siswa di SD Negeri Pampang sehingga dapat berkelanjutan.