Wamendagri tinjau Command Center Layanan 112 Pemkot Ambon
Spektroom - Wamendagri, Bima Arya Sugiarto mengapresiasi operasional layanan darurat (Call Center) 112 Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.
"Kami mengapresiasi langkah Wali Kota Ambon menyiapkan Layanan Call Center 112 darurat 24 jam, yang bisa dihubungi secara gratis dari ponsel atau telepon rumah untuk melaporkan berbagai keadaan darurat, dan terhubung dengan Command Center, " kata Wamendagri saat meninjau Command Center Pemkot Ambon, Jumat.( 17/10/2025)
Ia mengatakan, layanan 112 mengintegrasikan berbagai instansi seperti pemadam kebakaran, dinas kesehatan, polisi, dan BPBD untuk memberikan respons cepat terhadap berbagai kejadian.
Harapannya, mekanisme koordinasi lintas instansi dengan pihak kepolisian, kodim, Rumah Sakit dan pihak lainnya berjalan dengan lancar.
"Mudah-mudahan layanan ini juga bisa menjadi contoh sistem emergency Satu Atap yang betul-betul terintegrasi Jadi kami sangat mengapresiasi langkah-langkah Wali Kota, " katanya.

Wamendagri menyatakan, command center menjadi kebutuhan utama kota-kota di seluruh Indonesia, dari sini tidak saja dipantau seluruh pergerakan keseharian kota tetapi juga direspon semua keluhan dari warga.
Dimana ada keluhan yang sifatnya darurat, ada yang sifatnya aduan umum, seperti jalan yang rusak, air yang tidak mengalir, semua itu dibutuhkan oleh warga.
"Saya melihat walaupun baru, tetapi di sini sistemnya sudah dirancang untuk berkembang dengan baik dan kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan, hal penting adalah penambahan penguatan kapasitas jaringan, sistem CCTV, kemudian juga tim yang bisa menganalisis data, dan terutama juga mekanisme koordinasi dengan lintas instansi.
Wamendagri dalam tinjauan, juga melakukan panggilan ke layanan 112 Pemkot Ambon, untuk memastikan keluhan di respon oleh petugas.Selain itu juga menanyakan langsung ke petugas Command center, laporan masyarakat yang masuk ke layanan 112 sambil memantau pengawasan CCTV di beberapa titik di kota Ambon.