Dampak Banjir di Semarang Tawang terasa hingga wilayah Tapal Kuda, Jatim, Termasuk Probolinggo
Spektroom - Dua kereta utama, KA Pandalungan dan KA Blambangan Ekspres, dilaporkan mengalami keterlambatan ekstrem hingga mencapai 5 jam. Mengakibatkan penyesuaian besar pada jadwal kedatangan di Stasiun Probolinggo, Jember, dan Ketapang. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember, yang menaungi wilayah Probolinggo, menyampaikan permohonan maaf atas kelambatan perjalanan sejumlah kereta api akibat luapan air di wilayah Daop 4 Semarang yang terjadi sejak Selasa (28/10/2025). “Berdasarkan laporan terakhir pukul 08.00 WIB, KA Blambangan Ekspres mengalami kelambatan 290 menit atau hampir 5 jam. Sedangkan KA Pandalungan terlambat 180 menit atau 3 jam,” ungkap Cahyo Widiantoro, Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember. Rabu (29/10/2025)

“KA Blambangan Ekspres tujuan Stasiun Ketapang diperkirakan baru tiba sekitar pukul 09.30 WIB. Sementara KA Pandalungan diperkirakan tiba di Stasiun Jember pukul 12.00 WIB, jauh dari jadwal normalnya,” jelas Cahyo. Keterlambatan ini sangat berdampak pada penumpang yang naik maupun turun di Stasiun Probolinggo. Sebagai bentuk tanggung jawab pelayanan, KAI memberikan kompensasi dan layanan service recovery sesuai ketentuan sebagai berikut: Pandalungan juga telah menerima layanan service recovery sesuai ketentuan yang berlaku, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab KAI terhadap kenyamanan pelanggan,” tambah Cahyo. Meski mengalami keterlambatan pada perjalanan kedatangan, kedua kereta api tersebut tetap dijadwalkan berangkat tepat waktu dari wilayah Daop 9 Jember. KA Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 15.45 WIB, dan KA Pandalungan dari Stasiun Jember pukul 16.00 WIB, setelah menjalani perawatan dan pembersihan sarana secara efisien sesuai SOP keselamatan. Pengembalian 100%: Penumpang yang memutuskan untuk tidak meneruskan perjalanan menggunakan kereta api terdampak berhak mendapatkan pengembalian bea tiket 100%. Aturan yang sama berlaku bagi penumpang yang membatalkan perjalanan dari stasiun keberangkatan. “Penumpang KA Blambangan dan KA Pandalungan juga telah menerima layanan service recovery sesuai ketentuan yang berlaku, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab KAI terhadap kenyamanan pelanggan,” pungkasnya.(Budi S)
Editor : Biantoro