Decky Tanasale Desak Pemerintah Akhiri Status “Desa” bagi Negeri Adat di Maluku

Decky Tanasale Desak Pemerintah Akhiri Status “Desa” bagi Negeri Adat di Maluku
Sekretaris Majelis Latupati Provinsi Maluku, Decky Tanasale, saat Konsolidasi dan Diskusi Publik Koalisi Kawal Rancangan UndangUndang Masyarakat. Selasa (02/12/2025). (Foto: Eva. M)

Spektroom – Sekretaris Majelis Latupati Provinsi Maluku, Decky Tanasale, menegaskan bahwa pemerintah dan para pemegang kebijakan (Stekholder) harus bertanggung jawab atas mandeknya penetapan negeri adat di Maluku yang hingga kini masih berstatus desa.

Pernyataan itu disampaikan Tanasale dalam Konsolidasi dan Diskusi Publik Koalisi Kawal Rancangan Undang-Undang Masyarakat Adat, yang digelar di lantai 6 kantor Gubernur Maluku Selasa (02/12/2025).

Ia mengkritisi fakta bahwa UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang memuat ketentuan mengenai desa dan desa adat, belum pernah diterapkan untuk negeri-negeri adat di Maluku.

“Sampai hari ini, seluruh negeri di Maluku masih berstatus desa. Pertanyaannya, siapa yang salah? Salahnya ada pada para pemegang regulasi yang tidak pernah menindaklanjuti aturan tentang negeri adat,” tegasnya.

Tanasale memaparkan bahwa absennya penerapan regulasi berdampak pada konflik kewenangan, terutama dalam pemilihan kepala desa dan raja.

Menurutnya, pemerintah segera menyelesaikan persoalan ini, untuk menghindari konflik yang terjadi di berbagai daerah di Maluku.

“Tidak ada jalan lain. Masyarakat negeri adat harus bersatu dan memprotes status mereka. Hak adat tidak boleh ditanggalkan hanya karena kepentingan,” ujar Tanasale. (EM)

Berita terkait

Pemko Palangka Raya Genjot Efektivitas SP4N-Lapor Lewat Monev Pengelolaan Pengaduan

Pemko Palangka Raya Genjot Efektivitas SP4N-Lapor Lewat Monev Pengelolaan Pengaduan

Spektroom – Pemerintah Kota Palangka Raya terus memperkuat layanan pengaduan masyarakat dengan menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) SP4N-Lapor di Aula Peteng Karuhei II, Selasa (9/12/2025). Kegiatan yang digelar Diskominfo Kota Palangka Raya ini menjadi ruang pembinaan sekaligus pengawasan menyeluruh terhadap pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional–Layanan Aspirasi

Polin, Julianto