Lokomotif Diesel Hidrolik BB 304 Untuk Mengantisipasi Genangan Air di Jalur KA Semarang - Alas Tua
Spektroom – PT KAI Daop 4 Semarang menyiagakan petugas dan mengoperasikan lokomotif Diesel Hidrolik BB 304 untuk mengantisipasi genangan air di jalur km 2+8/9 antara Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Alastua, Selasa (28/10/2025).
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, dalam keterangan persnya mengatakan, genangan mulai meningkat sejak pukul 10.12 WIB, dengan ketinggian air mencapai 8,5 cm di jalur hulu dan 12 cm di jalur hilir pada pukul 14.00 WIB.
“Lokasi ini merupakan titik rawan saat hujan deras atau ROB. Kami menyiagakan petugas untuk memantau ketinggian air, stabilitas jalur, dan drainase, serta mengoperasikan lokomotif Diesel Hidrolik BB 304,” ujarnya.
Lokomotif Diesel Hidrolik memiliki toleransi lebih tinggi terhadap genangan dibanding lokomotif Diesel Elektrik yang hanya mampu melintas maksimal pada ketinggian air 7,5 cm. Saat ini, perjalanan KA di lintas Semarang Tawang–Alastua tetap beroperasi dengan pembatasan kecepatan 10 km/jam.
Kereta pertama yang ditarik lokomotif Diesel Hidrolik adalah KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir–Surabaya Pasarturi.
“Kami terus memantau kondisi di lapangan secara real time dan menyiagakan petugas untuk memastikan perjalanan tetap aman. Kami juga memohon maaf atas ketidak nyamanan atas keterlambatan yang dirasakan pelanggan akibat adanya genangan air.” tutup Franoto. (Ning Biantoro)