Menteri PU Bersama Perpamsi Bahas Layanan Air Minum di Indonesia

Menteri PU Bersama Perpamsi Bahas Layanan Air Minum di Indonesia

SPEKTROOM.ID -  Menteri Pekerjaan Umum Dody Hanggodo bersama Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) bahas layanan air minum di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk membahas mengenau perkembangan  layanab air minum perpipaan di Indonesia.

Menteri Dody menyampaikan Kementerian PU terus berkomitmen dalam mendukung penyediaan air minum yang bersih, layak dan sehat, serta mendorong peningkatan  pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Terima kasih atas masukan-masukannya, dskusi ini dapat untuk merumuskan langkah-langkah dalam mendukung air minum," kata Menteri Dody saat  menerima kunjungan jajaran  Perpamsi di Kantor Kementerian PU, Rabu (4/6/2025).

Ketua Umum Perpamsi Arief Wisnu Cahyono menyampaikan keluhannya terkait cakupan layanan perpipaan di Indonesia yang masih rendah dibandingkan dengan total jumlah penduduk. Menurut Arief, salah satu tantangan yang dihadapi perusahaan air minum adalah tarif yang dinilai kurang menarik dan biaya rehabilitasi aset.

"Kami juga ingin menyampaikan harapan beberapa program Kementerian PU yang perlu didorong, salah satunya program regionalisasi," kata Arief.

Kementerian PU dalam mendukung layanan air perpipaan di Indonesia salah satunya membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional yang merupakan sistem terpadu untuk optimasi pelayanan air bersih untuk beberapa daerah. Salah satunya SPAM Regional Wosusokas diproyeksikan untuk menambah layanan air minum perpipaan sebanyak 60.000 Sambungan Rumah (SR) untuk masyarakat di Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, dan Kota Surakarta.

Berita terkait

Kominfo Jatim Sosialisasikan Dashboard Pengaduan Untuk Optimalkan SP4N LAPOR

Kominfo Jatim Sosialisasikan Dashboard Pengaduan Untuk Optimalkan SP4N LAPOR

Spektroom - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur menggelar Sosialisasi Dashboard Pengaduan untuk mengoptimalkan fungsi SP4N LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Sosialisasi diikuti peserta Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Jawa Timur, Jumat (08/08/2025). Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik,

Budi Sucahyono