Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Dibuka: ASN Kalteng Didorong Tingkatkan Inovasi dan Akuntabilitas

Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik 2025 Dibuka: ASN Kalteng Didorong Tingkatkan Inovasi dan Akuntabilitas
Sekretaris BPSDM Kalteng, Rohaidah, membacakan sambutan Gubernur. (Dok.mmckalteng)

Spektroom – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui BPSDM resmi membuka Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik Tahun 2025, Senin (29/9/2025), di Aula Sei Kapuas BPSDM Kalteng. Sebanyak 40 ASN dari perangkat daerah lingkup Pemprov Kalteng mengikuti kegiatan ini sebagai langkah strategis mendukung reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Sekretaris BPSDM Kalteng, Rohaidah, yang membacakan sambutan Gubernur. Dalam sambutannya, Gubernur menekankan bahwa pelayanan publik adalah wajah pemerintah yang harus senantiasa ditingkatkan kualitasnya.

“Pelayanan publik adalah ujung tombak pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kecepatan, transparansi, dan akuntabilitas harus menjadi budaya kerja ASN, dan hal ini hanya bisa dicapai melalui komitmen serta inovasi berkelanjutan,” tegasnya.

Rohaidah menambahkan, pelatihan ini menjadi momentum penting bagi ASN untuk mengembangkan kapasitas diri. “Ilmu yang diperoleh harus bisa langsung diimplementasikan di unit kerja masing-masing sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Foto Bersama Peserta Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik (dokmmckalteng)

Sementara itu, Plt. Kabid Bangkom Soskulpem BPSDM Kalteng, Rano, menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan. Pelatihan berlangsung empat hari, 29 September – 2 Oktober 2025, dengan metode tatap muka, studi kasus, diskusi kelompok, hingga praktik penyusunan rencana aksi.

“Sebanyak 40 ASN akan dibimbing widyaiswara BPSDM dan narasumber profesional untuk menghasilkan gagasan serta aksi nyata dalam peningkatan pelayanan publik,” jelasnya.

Pelatihan ini dirancang tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi teknis ASN, tetapi juga membentuk aparatur yang profesional, berintegritas, responsif, serta mendukung pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, Pemprov Kalteng berharap lahir aparatur yang mampu memberikan pelayanan publik lebih berkualitas, demi terwujudnya Kalteng Berkah, Maju, dan Bermartabat menuju Indonesia Emas 2045.
(Polin / Kemal)

Berita terkait

Jawab Keraguan Publik Pelabuhan Kijing Perlahan Masuki Peta Perdagangan Dunia

Jawab Keraguan Publik Pelabuhan Kijing Perlahan Masuki Peta Perdagangan Dunia

Spektroom – Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, yang kerap menuai kritik kalangan tertentu kini terus menunjukkan perannya sebagai pintu gerbang ekspor baru dari Bumi Khatulistiwa. Perlahan namun pasti, pelabuhan yang dikelola Pelindo ini mulai melayani pengiriman komoditas ke berbagai negara, khususnya produk turunan kelapa sawit (CPO). Dalam progresnya, Pelindo

Apolonius welly, Rafles
Command Center Hadir Sebagai Pusat  Sistem Informasi Dan Pengawasan Operasional Kopdes Merah Putih

Command Center Hadir Sebagai Pusat Sistem Informasi Dan Pengawasan Operasional Kopdes Merah Putih

Spektroom -  Command Center dibuat sebagai pusat sistem informasi dan pengawasan operasional Koperasi Desa Merah Putih sebagai bagian dari upaya percepatan digitalisasi dan transformasi koperasi di Indonesia, terutama dalam penyelenggaraan Koperasi Desa/Kelurahan ( kopdes ) Merah Putih. Hal tersebut disampaikan Menteri Koperasi (Menkop) Ferry Juliantono saat  meresmikan Command Center  di Kantor

Nurana Diah Dhayanti