Perekonomian Indonesia 2026 : Mau Kemana Arah Pembangunan Nasional?

Perekonomian Indonesia 2026 : Mau Kemana Arah Pembangunan Nasional?

Oleh: Salim A. Basalamah - guru besar UMI Makassar. 

Spektroom - Memasuki tahun 2026, perekonomian Indonesia berada pada persimpangan penting antara peluang besar dan tantangan struktural yang kompleks.

Setelah melewati fase pemulihan pascapandemi, tekanan geopolitik global, serta transformasi politik nasional pasca-Pemilu 2024, arah pembangunan ekonomi Indonesia pada 2026 menjadi sangat menentukan dalam menetapkan posisi negara ini di kawasan Asia Tenggara dan dalam peta ekonomi global.

Keputusan-keputusan strategis yang diambil pada periode ini akan berimplikasi jangka panjang terhadap kualitas pertumbuhan, ketahanan ekonomi, dan stabilitas sosial nasional.

Secara makroekonomi, Indonesia diproyeksikan mampu mempertahankan pertumbuhan di kisaran 5–6 persen, yang ditopang oleh konsumsi domestik yang relatif kuat, belanja pemerintah, serta investasi swasta.

Namun, keberlanjutan pertumbuhan tersebut sangat bergantung pada kualitas kebijakan fiskal, stabilitas moneter, serta konsistensi reformasi struktural.

Tantangan utama masih berkisar pada ketimpangan regional, rendahnya produktivitas tenaga kerja, keterbatasan kualitas pendidikan vokasi, serta ketergantungan pada sektor berbasis sumber daya alam yang rentan terhadap fluktuasi harga global.

Tahun 2026 juga menjadi momentum krusial bagi transisi menuju ekonomi berbasis nilai tambah.

Agenda hilirisasi industri, khususnya pada sektor nikel, bauksit, dan mineral strategis lainnya, menjadi motor penting dalam penguatan struktur industri nasional.

Namun demikian, keberhasilan hilirisasi tidak hanya diukur dari peningkatan ekspor produk setengah jadi, melainkan juga dari sejauh mana tercipta ekosistem industri yang inklusif, berdaya saing global, mampu menciptakan transfer teknologi, serta menyerap tenaga kerja secara berkualitas.

Tanpa integrasi dengan kebijakan pendidikan, riset, dan inovasi, hilirisasi berisiko berhenti sebagai ekspansi produksi semata.

Di sisi lain, transformasi digital telah menjadi pilar baru dalam mendorong produktivitas nasional. Pertumbuhan ekonomi digital, fintech, e-commerce, serta pemanfaatan kecerdasan buatan dalam sektor industri dan layanan publik menawarkan peluang besar bagi peningkatan efisiensi ekonomi.

Namun, kesenjangan akses teknologi antarwilayah, rendahnya literasi digital, serta keterbatasan kualitas sumber daya manusia berbasis digital masih menjadi tantangan serius.

Tanpa intervensi kebijakan pendidikan dan pelatihan yang adaptif, transformasi digital justru berpotensi memperlebar ketimpangan sosial.

Dari perspektif fiskal, kesinambungan pembiayaan pembangunan nasional membutuhkan keseimbangan antara ekspansi belanja negara dan penguatan basis penerimaan pajak.

Rasio pajak Indonesia yang relatif rendah dibandingkan negara berkembang lainnya masih menjadi pekerjaan rumah utama agar pembangunan tidak terus bergantung pada pembiayaan utang dalam jangka panjang.

Selain itu, efektivitas belanja sosial, perlindungan masyarakat rentan, serta kualitas belanja untuk infrastruktur produktif akan sangat menentukan apakah pertumbuhan ekonomi benar-benar bersifat inklusif atau justru memperdalam kesenjangan.

Dari sudut pandang etika ekonomi publik, yang sering luput dari perdebatan teknokratis adalah nilai kejujuran sebagai fondasi utama keberhasilan kebijakan ekonomi Indonesia tahun 2026.

Kejujuran dalam perencanaan, penganggaran, implementasi, hingga pelaporan kebijakan publik bukan hanya persoalan moral, melainkan merupakan prasyarat fundamental bagi efisiensi ekonomi, kepercayaan pasar, dan legitimasi negara.

Tanpa kejujuran, kebijakan fiskal yang ekspansif berisiko mengalami kebocoran, distorsi insentif, serta inefisiensi alokasi sumber daya.

Dalam konteks Indonesia, tantangan utama bukan semata merumuskan kebijakan yang cerdas, tetapi memastikan konsistensi integritas para pelaksana kebijakan di seluruh level pemerintahan.

Tahun 2026 harus menjadi momentum peneguhan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak boleh dibangun di atas manipulasi data, konflik kepentingan, dan praktik rente, melainkan di atas transparansi, akuntabilitas, serta keberanian politik untuk menegakkan kebenaran sebagai nilai dasar pembangunan.(**).

Berita terkait

Tomsi Tohir :  Kepala Daerah Yang Belum Serahkan Usulan Pembangunan Jembatan Akan Diperiksa Inspektorat Jendral

Tomsi Tohir : Kepala Daerah Yang Belum Serahkan Usulan Pembangunan Jembatan Akan Diperiksa Inspektorat Jendral

Spektroom - Presiden Prabowo Subianto telah membentuk Satgas Khusus Darurat Jembatan, untuk mempercepat pembangunan jembatan, memastikan akses aman bagi siswa ke sekolah di seluruh Nusantara. Keputusan ini muncul dari keprihatinan mendalam Presiden terhadap banyaknya siswa yang masih mempertaruhkan nyawa. Mereka harus menyeberangi sungai atau medan sulit lainnya demi mencapai institusi

Anggoro AP