Respon Kantor Imigrasi Banjarmasin Atas Keluhan Penumpang Di Terminal Kedatangan Bandara Syamsudin Noor

Respon Kantor Imigrasi Banjarmasin Atas Keluhan Penumpang Di Terminal Kedatangan Bandara Syamsudin Noor
Screenshot gambaran informasi Tempat Pemeriksaan Imigrasi.

Junaidi, Agung Yunianto

Dr H Fauzan Ramon SH MH

Spektroom - Sehubungan dengan keluhan Advokat Senior Dr H Fauzan Ramon SH MH terkait pelayanan Imigrasi di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Selasa (16/12/2025), Pihak Imigrasi memberikan tanggapannya, Kamis (18/12/2025).

Pihak Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Banjarmasin, melalui Mohamad Ikramsyah, Kasi Teknologi dan Informasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, menyatakan,
terimakasih atas informasi yang disampaikan.

Disebutkan, setiap pemeriksaan pada area imigrasi di dasarkan pada permenkumham nomor 9 tahun 2024 tentang tata cara pemeriksaan keimigrasaian terhadap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia.
Dimana pada Bab VII tentang tata tertib di Tempat Pemeriksaan Imigrasi pasal 127 yang berbunyi:
(1) Setiap orang yang sedang menjalani pemeriksaan keimigrasian pada saat masuk atau keluar wajib mematuhi tata tertib pemeriksaan keimigrasian.
(2) tata tertib sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :
A. Antri di jalur yang telah disediakan;
B. Mengikuti arahan pejabat imigrasi atau petugas pemeriksa pendaratan;
C. Menjaga ketertiban proses pemeriksaan;
D. Dilarang menggunakan kamera;
E. Dilarang menggunakan kacamata hitam;
F. Dilarang menggunakan topi;
G. Dilarang mengambil gambar dan atau video;
H. Dilarang berbicara dengan orang lain;
I. Dilarang menggunakan telepon genggam;
J. Dilarang menggunakan earphone dan;
K. Dilarang menggunakan masker.
(3). terhadap pelanggaran tata tertib sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Pejabat Imigrasi dapat mengenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Terhadap hasil pemeriksaan pada saat kejadian dapat kami sampaikan bahwa pada saat ini aplikasi All Indonesia masih dalam tahap awal penerapan, sehingga masih banyak penumpang yang masih kurang dalam melakukan pengisian nya. Dalam hal ini diperlukan kebijakan untuk penumpang tersebut," kata Ikram.

Dijelaskan, penumpang yang dimaksud tidak bermaksud menyerobot namun mengikuti arahan Pejabat Imigrasi untuk memperbaiki data-data nya dan Kembali ke counter yang telah ditentukan.
Kami memohon maaf atas ketidaknyamannya karena saat ini Bandara Internasional Syamsuddin Noor baru saja beroperasi sehingga masih kurang dalam pemberian informasi di area imigrasi dan kami akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Tadi sudah disampaikan ke Pimpinan Pak Kakanim dan Pak Haris dan sudah diarahkan Anggota untuk membuat laporan kejadian, jadi mungkin ada kesalahpahaman antara petugas dan Bapak Fauzan, boleh disampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan Pak Fauzan di tempat pemeriksaan imigrasi kami di Bandara," kata Ikram kembali.

Mengulas kembali berita kemarin, seperti diinformasikan, Salah seorang penumpang maskapai penerbangan dari Malaysia - Banjarmasin Fauzan Ramon, Selasa 16 Desember 2025 mengaku kecewa dengan layanan Imigrasi di terminal Kedatangan bandara Syamsudin Noor. Pasalnya saat dirinya bersama 8 orang keluarganya ketika tiba dari Malaysia justru mendapat pelayanan yang tidak mengenakan.
"Saya tiba dari Malaysia sekitar pukul 10.00 Wita lewat dengan keluarga. Begitu melewati pemeriksaan di jalur imigrasi justru petugas yang melayani terkesan arogan. Awalnya ada orang yang menyerobot saya protes ke petugas. Selanjutnya petugas meminta pasport saya dan bertanya identitas saya. Padahal kan di pasport ada jelas. Nanyanya juga tidak sopan." Jelas Fauzan kesal.

Fauzan mengaku di Bandara Malaysia semua berjalan normal dan bahkan sangat ramah. Tapi di imigrasi Banjarmasin justru kebalikannya.

"Bagi saya yang sudah terbiasa ke luar negeri saja merasa tidak nyaman dengan pelayanan imigrasi bagaimana dengan orang yang baru pertama kali. Ini bisa membuat citra tidak baik bagi kita Kalimantan Selatan."tambah Fauzan.

Fauzan berharap pihak terkait dalam hal ini Kanwil Imigrasi Kalimantan Selatan bisa memperbaiki layanan dengan mengingatkan kepada petugas yang ditempatkan di counter Bandara baik keberangkatan maupun kedatangan agar benar-benar memberikan layanan yang sopan dan baik.**

Berita terkait

Puncak Peringatan Dies Natalis ke-61, Unesa Fokus Tingkatkan Kualitas dan Naik Peringkat Internasional.

Puncak Peringatan Dies Natalis ke-61, Unesa Fokus Tingkatkan Kualitas dan Naik Peringkat Internasional.

Spektroom - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memastikan untuk terus meningkatkan mutu pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi, termasuk meningkatkan fasilitas perkuliahan secara bertahap dan berkelanjutan. Langkah ini penting dilakukan untuk menghadirkan atmosfer studi dan pengembangan diri yang aman dan nyaman bagi Civitas. Hal itu ditekankan Rektor, Nurhasan atau Cak Hasan dalam puncak

Agus Suyono, Buang Supeno