RSD dr. Soebandi Gelar Pelatihan Service Excellent Dan Komunikasi Efektif

Spektroom - RSD dr. Soebandi Jember terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan sekaligus kepuasan pasien dalam rangka menyongsong akreditasi Rumah Sakit dengan menyelenggarakan Pelatihan Service Excellent dan Komunikasi Efektif di Aula Darusy Syifa pada 16–17 September 2025.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam dua gelombang ini diikuti 148 peserta yang seluruhnya merupakan karyawan RSD dr. Soebandi dari berbagai unit, mulai dari admisi, security, rawat jalan, rawat inap, humas, kasir, hingga administrasi.
Kabid Diklit RSD dr. Soebandi, Ns. Mustakim, S.Kep., M.Kep., Sp.KMB, menjelaskan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus membangun citra pelayanan publik yang ramah, profesional, dan beretika. Diharapkan pelatihan ini menjadi momen peningkatan komunikasi efektif serta perbaikan interaksi yang humanis saat memberikan pelayanan kepada customer baik secara verbal atau non verbal maupun bahasa tubuh. Peserta akan mendapatkan sertifikat dari BPKSDM.
Dalam sambutannya, Plt. Direktur RSD dr. Soebandi, Dr. dr. I Nyoman Semita, Sp.OT (K) Spine-FICS, menekankan pentingnya menanamkan budaya kerja berbasis pelayanan prima. “Menjadi abdi negara berarti dipanggil dan ditugaskan oleh negara, sekaligus menjadi abdi agama untuk tugas kemanusiaan. Tidak cukup hanya unggul secara medis, pelayanan kesehatan juga dituntut menghadirkan komunikasi yang efektif, keramahan, serta kepedulian terhadap pasien dan keluarganya.”ungkapnya.
Menurutnya, penyembuhan tidak hanya bisa dilakukan secara fisik, tetapi juga bisa secara psikis. “Siapapun bisa menjadi guru kita. Senyum, salam, dan keramahan yang kita berikan bisa menjadi obat psikis yang sangat membantu pasien,”jelasnya. “Bahkan para ahli menyebut, 40 hingga 50 persen penyakit dipengaruhi faktor psikis. Jika pasien merasa nyaman, maka proses penyembuhan akan jauh lebih cepat.”tambahnya.
Materi pelatihan mencakup motivasi dan mindset pelayanan prima, budaya kerja, sikap serta perilaku SDM, standar keselamatan pasien, pencegahan infeksi, hingga penerapan K3RS (Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit).
Diharapkan seluruh peserta mampu menjadi pionir menginternalisasi nilai-nilai service excellent dalam tugas sehari-hari. Sehingga, pelayanan di RSD dr. Soebandi dapat semakin cepat, ramah, empatik, serta selalu berorientasi pada keselamatan pasien.(Budi S)