Kompetensi Karyawan Harus Dikembangkan untuk Wujudkan Tujuan Organisasi yang Maksimal
Promovendus Rusmini Doktor Ilmu Manajemen UMI Makassar

Spektroom-Bank sebagai lembaga keuangan di dalam operasionalnya selalu berusaha untuk mencapai tujuan. Untuk mewujudkan tujuan ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu masalah kinerja. Kinerja adalah hasil proses kerja secara terstruktur pada tempat maupun waktu.
Hal ini disampaikan Promovendus Rusmini di dalam disertasinya tentang Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Perbankan di Kota Makassar, ketika mengikuti uji kompetensi untuk meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen pada Program Pasca Sarjana PPS UMI Makassar, Kamis 17 Juli 2025 di Kampus PPS UMI Makassar.

Di depan Tim Penyanggah yang dipimpin Prof. H. Hambali Thalib, SH., MH. Rektor UMI Makassar dengan penyanggah dari internal UMI Makassar dan UNHAS, Rusmini mengatakan kinerja adalah hasil kerja pegawai dari serangkaian proses kerja yang ditekuni seperti halnya kuantitas pekerjaan yang dihasilkan, demikian juga kualitas, efisiensi waktu termasuk manfaat kerja dan yang tak kalah pentingnya loyalitas pegawai atas perintah pimpinan dalam menjalankan tugas di bidang perbankan.
"Fenomena yang terjadi selama ini masih ada pegawai yang etos kerjanya menurun, terlihat kedisiplinannya yang merupakan cerminan dari rendahnya motivasi kerja seorang pegawai." jelas Rusmini. Karena itu Rusmini yang berprofesi sebagai Dosen di Universitas Teknologi AKBA Makassar menyarankan pimpinan perbankan untuk memperhatikan kompetensi yang dimiliki karyawan sebagai potensi yang harus dikembangkan sehingga setiap karyawan menunjukkan kepuasannya dalam menjalankan aktivitas kerjanya, juga harus menyenangi setiap pekerjaan yang ia terima sebagai tugas pokok yang harus dilaksanakan sehingga dengan sendirinya akan meningkatkan kinerjanya.(JPT)